Senin, 02 April 2012

BELAJAR DARI CICAK

Ketika mendengar kata cicak, setiap orang akan dapat menggambarkan bagaimana bentuk dan ciri dari hewan ini. Cicak adalah salah satu golongan reptil yang biasa merayap di dinding atau di pohon. Makanan favorit hewan ini adalah serangga seperti nyamuk. Dalam dunia seni, hewan ini mendapat tempat di hati anak kecil dengan judul "Cicak-cicak di Dinding". Yang liriknya seperti video di bawah ini....


Dalam rumah adat batak, hewan ini menjadi motif yang khas dan mempunyai nilai filosofi yang dalam. Sedangkan di kitab Amsal, cicak menjadi perhatian dari raja Israel yang paling berhikmat yaitu Raja Salomo. (Amsal 30:28)

Ada pelajaran yang sangat berharga dari hewan ini yang ingin penulis bagikan yaitu bagaimana cicak mendapatkan makanan. Cicak adalah binatang yang berada di dinding dan mangsanya adalah serangga yang memiliki sayap. Kalau direnungkan tidak mungkin seekor cicak dapat hidup. Mangsanya selalu melayang-layang sedangkan cicak hanya bisa menempel di dinding dan tidak mempunyai "fasilitas/peralatan" untuk berburu.

Tapi dalam kehidupan nyata berbanding terbalik. Apa kuncinya....?
Kunci keberhasilan cicak dalam menghadapi masa yang sangat sulit dalam hidup adalah TIDAK KUATIR/TETAP TENANG, TIDAK CEPAT PUTUS ASA/TERUS BERUSAHA, dan HIKMAT DARI TUHAN.


TIDAK KUATIR/TETAP TENANG
Cicak adalah binatang yang sangat tenang dalam berburu (menghadapi masalah). Kadang kala cicak akan "berdiam diri" sejenak dalam menghadapi masalah. Ia tidak kuatir hari ini berapa banyak serangga yang akan dimakan.
Kuatir adalah salah satu "pembunuh" terbesar dalam menjalani hidup. Sudah berapa banyak orang menjadi stress dalam menjalani hidup dan bahkan sampai melakukan bunuh diri. Saudara, penulis ingin membagikan bahwa ada dua berita yang negatif bagi setiap yang hidup yaitu MASALAH adalah teman sejati ANDA dalam hidup dan hidup bukan bertambah baik tapi akan bertambah BURUK. Berita positifnya adalah ANDA akan menjadi ORANG YANG BERHASIL apabila dapat menyelesaikan setiap masalah yang ANDA hadapi. Sudah banyak orang yang membuktikan bagaimana mereka menjadi orang yang berhasil ketika menyelesaikan masalah dengan baik dan bukan lari dari masalah. Jadi, jangan kuatir ketika menghadapi masalah. Bersikaplah tenang! Karena kita masih punya PENOLONG SEJATI yang selalu beserta kita.

TIDAK CEPAT PUTUS ASA/TERUS BERUSAHA
Ketika memperhatikan bagaimana cicak menangkap mangsanya, penulis menghitung lebih banyak gagal daripada berhasilnya. Begitu pula dalam hidup jangan hitung seberapa banyak jatuh tapi lihat ketika kita bisa berdiri. Coba saudara amati anak yang sedang belajar berjalan.... Berapa banyak anak itu jatuh? Berapa banyak usaha yang dilakukannya? Dan berapa kali orang tuanya/orang yang terdekat memberi semangat supaya bisa berjalan? Dan akhirnya anak dapat berjalan dengan baik dan bahkan berlari.
Jadi selain TIDAK KUATIR/TETAP TENANG dalam pikiran dan ada tindakan nyata yaitu TIDAK CEPAT PUTUS ASA/TERUSLAH BERUSAHA.

HIKMAT DARI TUHAN
Ketika penulis mengamati, ada cicak yang dapat porsi plus yaitu cicak yang dekat dengan lampu yang terus bersinar. Dengan naluri cicak maka banyak serangga yang mendekat pada lampu dan dengan "cepat" cicak itu mendapatkan mangsanya.
Raja Salomo pernah berkata "Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan". Untuk mendapatkan hikmat dari Tuhan terlebih dahulu dekatkan diri ANDA kepada yang punya HIKMAT. Kristus pun mengatakan "Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."
Jadi selain TIDAK KUATIR/TETAP TENANG dalam pikiran dan ada tindakan nyata yaitu TIDAK CEPAT PUTUS ASA/TERUSLAH BERUSAHA serta diawali Takut akan Tuhan agar mendapatkan HIKMAT DARI TUHAN adalah kunci untuk terus OPTIMIS dalam Hidup.

Gambar: ilustrasi
Penulis berpesan CICAK saja bisa apalagi MANUSIA!!


Sumber Tulisan: perenungan sendiri
Sumber Video: Youtube
Sumber Gambar: ageboy.blogspot.com

1 komentar: