Minggu, 05 Februari 2012

MEMIMPIN DALAM TUGAS


Beberapa tahun yang lalu terjadi kebakaran kilang minyak yang sangat besar. Nyala api membumbung beberapa ratus meter ke udara. Langit diselimuti asap hitam pekat yang kotor. Panasnya sangat menyengat – begitu panasnya sehingga para petugas pemadam kebakaran terpaksa memarkirkan mobil pemadam mereka satu blok dari lokasi kebakaran dan menunggu sampai panas itu berkurang sebelum mereka mulai memadamkan kebakaran. Namun, api terus membesar dan kobaran api nyaris tak terkendalikan.

Lalu, tiba-tiba saja, dari jarak beberapa blok, sebuah mobil pemadam lainnyameluncur kencang di jalan. Kemudian terdengar suara derit remnya dari mobil pemadam itu dan menabrak semak di lokasi kebakaran. Para pemadam kebakaran berlompatan turun dari mobil itu dan mulai bertempur melawan api.

Semua petugas pemadam kebakaran yang tengah berkumpul satu blok jauh dari situ melihat kejadian ini, lalu mereka pun berlompatan ke mobil pemadam masing-masing dan berusaha memadamkan kebakaran itu. Berkat kerja sama itulah akhirnya mereka bisa juga mengendalikan api dengan susah payah.
Gambar: Ilustrasi

Orang-orang yang menyaksikan kerja sama tim tersebut berpikir, “Astaga! Luar biasasekali orang yang memimpin mobil pemadam kebakaran itu – tindakannya benar-benar berani dan memicu pemadam lain ikut memadamkan kebakaran itu!” warga pun memutuskan untuk memberikan penghargaan khusus untuk menghargai keberaniannya memimpin tugas tersebut.

Pada upacara pemberian penghargaan itu, walikota berkata, “Kapten, kami ingin menghormati Anda karena Anda telah menunjukkan sikap yang gagah berani. Anda telah berhasil mencegah kerugian harta benda, bahkan telah menyelamatkan jiwa manusia. Jika ada sesuatu yang khusus yang boleh Anda minta kepada saya berkat keberanian Anda itu?”
Tanpa ragu-ragu, si kapten menjawab, “Pak Walikota yang terhormat, kalau boleh, saya minta dibelikan rem mobil yang pakem untuk mobil kebakaran saya!”

Dikutip dari Chicken Soup for the Soul at Work, Jack Canfield dkk.
+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+-=+
Kadang kala keberanian timbul dari sesuatu yang tidak terduga. Dengan keberanian dapat memberikan semangat yang baru dalam hidup. Jadi, mari miliki keberanian untuk menolong dan bukan untuk merusak. JBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar